Untuk Kamu yang Sedang Memperjuangkan PTN Impian

 Hai, calon mahasiswa di PTN impian, apa kabar? Gimana perasaan kamu?

Karena sebentar lagi pengumuman UTBK, aku tau banget perasaan kamu. Aku bisa ngerasain rasa takut kamu. Ngejar PTN emang se-depressing ini ya??:(

Aku ingin kamu ingat-ingat lagi perjalanan kamu untuk sampai di titik sekarang. Aku ingin kamu tau kamu udah berhasil bertahan dan melakukan sebaik yang kamu bisa sampai sekarang. Kamu keren banget!!

Kamu inget nggak, kapan lalu kita heboh sama kebijakan seleksi PTN yang baru? Ada yang senang karena nggak perlu belajar TKA, ada juga yang sedih karena udah curi start belajar TKA, eh, malah dihapus.

Setelah itu, kita juga melalui fase kegagalan. Kegagalan ngebuat kita makin keras lagi belajarnya, makin keras sama diri sendiri. Berharap kita bisa balas dendam di SNBT, menaklukkan soal-soal UTBK, dan keterima di pilihan pertama.

Untuk itu, aku ingin bilang terima kasih sama kamu.

Terima kasih yaa, kamu udah selalu berusaha melakukan yang terbaik dan berjuang sampai sekarang!! Aku tau, pasti nggak mudah ngelaluin fase ini. Udah banyak banget usaha yang kamu lakuin untuk mencapai ini semua. Kamu ikutin tryout, latihan soal setiap hari, nyari-nyari pembahasan, belajar sampai merelakan jam tidur, belum lagi kalau masih ngadepin masalah lain… Aku tau banget itu bikin stres dan capek… Entah udah berapa banyak tangis atau kesedihan yang kamu telan sendiri, seberat apa hari yang pernah kamu laluin, tapi lihat! kamu masih ada sampai sekaraanggg, hebat!

Mungkin kamu pernah ragu sama diri kamu sendiri, membandingkan diri kamu, dan mempertanyakan tentang masa depan kamu. Kamu boleh kok untuk khawatir, tapi secukupnya aja yaa. Ingat, kamu nggak perlu khawatir kalau sampai kamu nggak bisa memenuhi ekspektasi orang lain atas kemampuan kamu.

Tenang aja yaa. Aku percaya banget, ada saatnya kamu bisa meraih apa yang selalu kamu semogakan. Tunggu aja. Kita nikmatin prosesnya.

Terima kasih lagi, terima kasih karena kamu nggak menyerah, nggak berhenti meskipun udah diterjang banyak hal. Tetep bertahan ya! Kamu nggak boleh nyerah. Tunjukin sama dunia kalau kamu mampu!!! Kalau capek, istirahat dulu, tenangin hati dan pikiran. Jangan dipaksain, jalanin pelan-pelan.

Semoga banyak hal baik datang untuk kamu, semoga setiap rintangan bisa kamu atasi, dan semoga kamu selalu diberikan kekuatan untuk menjalani hari-hari ke depan. Aamiin.

Aku bangga banget sama kamu! Sebangga itu. Kamu keren, kamu hebat, kamu kuat. You’re doing great!! You’re precious n u deserve to be haaapppyy!! Kamu udah melakukan yang terbaik kok. Jangan lupa untuk apresiasi diri kamu ya!

Apapun yang terjadi nanti, jangan salahin diri sendiri. ok?? it doesn’t matter if you fail. As long as you keep trying, i will keep supporting u 100%. Semua orang punya prosesnya masing-masing, kan? Kamu juga nggak sendirian kok. Kita berjuang dan berproses sama-sama dengan jalan kita masing-masing, okkiee?

Sekarang, ucapkan ini pada diri kamu pelan-pelan:

“Tuhan, untuk apa pun yang akan terjadi hari ini juga nanti, lapangkanlah hati saya untuk menerimanya. Jika esok hari keadaannya tak kunjung membaik, tolong cukupkan diri untuk tidak menyalahkan siapa pun. Saya percaya bahwa segala yang terjadi berkat campur tangan-Mu. Dan untuk segala bahagia yang masih diselimuti tanda tanya, saya percaya bahwa ada sesuatu yang lebih besar dan lebih baik lagi telah Engkau persiapkan.”

Oh ya, semoga semua yang sudah kamu rencanakan bisa berjalan seperti seharusnya yaa!! Aku tunggu kabar baik dari kamu, calon maba 2023! ^^

Comments